Kamis, 19 Maret 2020

Konsumsi 'Makanan Pelangi' yang Baik Tuk Sistem Kekebalan Tubuh Keluarga

King News - Kasus COVID-19 sudah menjadi pandemi negara dan jumlah penderitanya kian meningkat. Penting untuk diingat bahwa, salah satu bentuk perlindungan terbaik adalah dengan melakukan pencegahan, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat.
Stephanie Schwartz, ahli gizi dari New York Presbyterian-Brooklyn Methodist Hospital, mengatakan, ada beberapa makanan sehat yang baik dan memberikan energi untuk tubuh yang kuat untuk keluarga bahkan bagi si kecil yang susah makan. Sehingga, sistem kekebalan tubuh semakin meningkat dan terhindar dari virus asal Wuhan, Cina ini.
"Makanan Pelangi," katanya seperti dilansir dari laman Amny, Senin, (16/3).
Ia menambahkan, sangat penting untuk memiliki keragaman dalam makanan kita, tanaman berwarna-warni kaya akan berbagai vitamin yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tentunya menyenangkan dan enak dikonsumsi bagi anak-anak kecil juga.
"Misalnya, di hari pertama Kamu bisa memberi mereka sayuran hijau, wortel yang berwarna oranye di hari berikutnya, dan terus mencampurnya seperti warna pelangi. Keragaman adalah kunci makanan seimbang yang sehat dan bergizi," tambahnya.
Schwartz juga menyarankan, selain sayuran konsumsilah ikan dan juga susu yang mengandung kaya akan protein tinggi. Ikan kaya akan Omega 3, sementara daging penuh dengan zat besi dan vitamin B kompleks. Susu dan produk tersebut memiliki kaya vitamin B, jadi pastikan Kamu dan keluarga mendapatkannya.
Ia juga mengatakan, juga menyarankan hidrasi yang baik. "Anak-anak harus minum air dan susu dalam jumlah yang cukup karena mereka adalah minuman bergizi terbaik tanpa tambahan gula.
Schwartz berpendapat bahan-bahan alami cukup dikonsumsi tiap harinya, jadi tidak perlu suplemen, terutama untuk anak-anak. Namun, ia menyarankan orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter anak mereka jika anak membutuhkan lebih banyak vitamin D. Vitamin ini sulit diserap dari makanan dan beberapa anak mungkin memerlukan dosis yang lebih besar.
Last but not least, makan keluarga ini juga harus menyenangkan dan tidak harus juga pergi restoran cepat saji. Cobalah mencari waktu untuk menyiapkan makanan buatan sendiri yang lezat atau habiskan waktu berkualitas bersama keluarga di restoran yang menyenangkan.

"Makan harus menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh keluarga dan anak-anak harus menikmatinya. Libatkan mereka dalam menyiapkan makanan dan tunjukkan pada mereka betapa menyenangkannya itu," tukas Schwartz. 

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar